Rangkuman Materi
Algoritma & Pemograman
Definisi Algoritma
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian
masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.
Definisi
Pemrograman
“suatu kumpulan urutan perintah ke computer untuk mengerjakan
sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan system bahasa yang dimengerti
oleh komputer”
Tanpa basa-basi lagi, saya akan membahas sedikit
materi tentang Algortima dan Pemrograman, meliputi :
ü Bab 1 “ Input dan Jenis Data ”
ü Bab 2 “ Struktur Pemrograman Penabangan ”
ü Bab 3 “ Struktur Pemrograman : Lompatan & Kalang ”
ü Bab 4 “ Struktur Pemrograaman Kalang ”
ü Bab 5 “ Variabel Larik & Strings ”
ü Bab 6 ” Sorting (Pengurutan) ”
BAB
1
INPUT
& JENIS DATA
· Type Data
Adalah sebuah aturan yang digunakan untuk
mendlarasikan data-data dalam pemrograman. untuk menyimpan suatu variabel
diperlukan tempat khusus didalam memori komputer, Besar dan tipe dari
variabel-variabel didalam standar program C++ dispesifikan sebagai berikut :
|
Nama |
Keterangan |
|
char |
Abjad/karakter
atau untuk bilangan bulat kecil |
|
short int
(short) |
Bilangan bulat
dengan jangkauan pendek |
|
Int |
Bilangan bulat |
|
long int (long) |
Integer dengan
jangkauan panjang |
|
bool |
Boolean, dapat
bernilai benar atau salah (true or false) |
|
float |
Angka dengan
titik mengambang (bilangan cacah) |
|
double |
Bilangan cacah
dengan ketelitian ganda |
|
long double |
Bilangan aah
dengan ketelitian ganda panjang |
|
wchar_t |
Karakter lebar,
biasa dipakai untuk unicode karakter |
|
|
|
· Input/Output dan Jenis Tipe Data
o Inlcude Adalah salah satu pengarah prepocessor
directive yang tersedia pada C++. Prepocessor selalu dijalankan terlebih dahulu
pada saat proses kompilasi terjadi. Bentuk umumnya : #include <nama_file>
o Main() adalah
nama judul fungsi. Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
o Komentar.
Komentar tidak pernah dicompile oleh compiler. Dalam C++ terdapat 2 jeniskomentar
o Tanda Semicolon “ ; “ digunakan
untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Seriap pernyataan harus diakhiri dengan
sebuah tanda semicolon.
o Cout
(dibaca : C out) merupakan sebuah objek didalam C++, yang
digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar).
o Printf
digunakan
untuk menampilkan hasil yang terformat dengan menggunakan format specification.
o Puts
digunakan
untuk menetak ke layar dimana penetakan akan diakhiri dengan karakter new line
(kebaris baru).
o Scanf
digunakan
untuk memasukan berbagai jenis data melalui keyboard.
o Gets
digunakan
untuk dapat menerima dan memasukan data string
o Cin
digunakan
untuk menginput suatu nilai ari suatu piranti masukan (keyboard) untuk
selanjutnya diproses oleh program.
o
Getche
perintah
ini kegunaannya sama dengan getch, hanya saja perintah ini khusus untuk input
berupa karakter dan dapat membaa input berupa spasi atau tab sedangkan in tidak
bisa.
BAB 2
STRUKTUR PEMROGRAMAN PENCABANGAN
· Pencabangan
Dalam bahasa C/C++
memiliki macam jenis percabangan. Dari jenis percabangan tersebut memiliki
penggunaan yang berbeda. Berikut penjelasan mengenai penggunaan tiap-tiap
percabangan :
Percabangan if
Digunakan ketika hendak menentukan satu
pernyataan yang akan dijalankan dengan syarat tertentu. contoh program :
#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
int
umur;
cout<<"Masukan
umur kamu= ";
cin>>umur;
if
(umur >= 60){
cout<<"Selamat
siang mbah"<<endl;
cout<<"Salam
buat cucumu ya"<<endl;}
else
{
cout<<"jadi
umurmu"<<umur<<"tahun";}
}
Percabangan
if else
Digunakan ketika
hendak menentukan satu dari dua pernyataan yang akan munul dengan syarat
tertentu. Contoh program :
#include<iostream>
using namespace std;
main()
{
int N;
cout<<"Masukan
nilai (0 s/d 100) = ";
cin>>N;
if(N>=60)
cout<<"Lulus"<<endl;
else if(N,60)
cout<<"Tidak
Lulus"<<endl;
}
switch-case
Percabangan switch-case digunakan ketika hendak menentukan satu dari banyaknya kondisi atau pernyataan yang akan bermunculan.
Flowchart
adalah adalah suatu
bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara
mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya
dalam suatu program.
BAB
3
STRUKTUR PEMROGRAMAN : LOMPATAN & KALAN
· Lompatan & Kalang
Sebuah / kelompok instruksi diulang untuk jumlah
pengulangan tertentu. Baik yang terdifinisikan sebelumya aaupun tidak. Perintah
atau notasi dalam struktur pengulangan adalah:
Pernyataan while
Pernyataan
while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk memproses suatu
pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali. Pernyataan while
memungkinkan statemen-statemen yang ada didalamnya tidak dilakukan sama sekali.
Bentuk Umumnya:
While (kondisi)
{
Pernyataan;
}
Pernyataan do..while
Pernyataan do…while mirip seperti peryataan while, hanya saja pada do..while pernyataan yang terdapat didamnya minimal akan sekali dieksekusi.
Bentuk
Umumnya :
do
{
Pernyataan ;
} while (kondisi)
Pernyataan for
Pernyataan for digunakan utuk
menghasilkan pengulangan (looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi
apapun. Bentuk
Umumnya :
For
(inisialisasi ; kondisi ; perubahan)
{
Statement
}
Pernyataan continue dan
break
Pernyataan break akan selalu terlihat
digunakan bila menggunakan pernyataan switch. Pernyataan ini juga digunakan
dalam loop. Contoh program
//
break;
cout << i;
} while (i < 10);
cout << "\nSelesai\n";
}
Pernyataan go to
Pernyataan goto, diperlukan untuk melakukan suatu lompatan ke suatu
pernyataan berlabel yang ditandai dengan tanda. “ : ”. Bentuk Umumnya :
goto bawah;
pernyataan1;
pernyataan2;
bawah : pernyataan 3;
Bab 4
Struktur Pemrograman Kalang
§ Fungsi simbol //
Simbol // berfungsi
sebagai komentar dalam program/ keterangan
§ Fungsi dari keyword break
Break berfungsi
mengeluarkan eksekusi compiler dari struktur program setelah suatu kondisi
tertentu dipenuhi
§ Fungsi dari continue
Continue berfungsi
melanjutkan eksekusi compiler ke blok selanjutnya setelah suatu kondisi
tertentu dipenuhi.
§ Fungsi setprecision ()
Setprecision ()
merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur jumlah digit
decimal yang ingin ditampilkan.
§ Perbedaan ios::fixed dan ios::scientific
ios::fixed dan
ios::scientific mempunyai fungsi yang sama yaitu format bilangan riil akan
tetap dapat diubah dengan memanggil fungsi set atau unset diikuti argument
ios::scientific atau ios::fixed
§ Fungsi fungsi dari fabs ()
fabs() berfungsi untuk
menghitung nilai mutlak dari x; x bilangan real
BAB 5
VARIABEL LARIK & STRING
· Variabel
Variabel adalah suatu
tempat untuk menampung data yang nilainya selalu berubah. Variable digunakan
sebagai tempat penimpanan data sementara. Contoh, tipe integer hanya dapat
menyimpan bilangan integer dan operator yang dapat dikenakan padanya antara
lain operator penjumlahan, perkalian, dan sebagainya.
Macam-macam jenis variabel dan fungsinya :
v Strlen()
Bentuk format strlen
(const char*s), berfungsi menghitung panjang string.
v Strcpy()
Bentuk format strcpy (char*dest, const
char*src), berfungsi mengcopy string src ke dest.
v Strcat()
Bentuk format strcat (char*dest, const
char*src), berfungsi menambahkan kopian
src ke bagian akhir dest.
v Strcmp()
Bentuk format strcmp
(const char*s1, const char*s2), berfungsi melakukan perbandingan s1 dengan
s2.
v Strupr()
Bentuk format strupr (const char*s), berfungsi
mengubah string menjadi huruf capital (uppercase).
v Strlwr()
Bentuk format strlwr (const char*s), berfungsi
mengubah string menjadi huruf biasa/kecil (lowercase).
v Strrev()
Bentuk format strrev (const char*s), berfungsi
membalik semua karakter string, jadi huruf terakhir menjadi awal.
v Strset()
Bentuk format strset (const char*s, int ch),
berfungsi menset semua karakter dalam s ke ch.
v Strcspn()
Bentuk format strcspn (const char*s1, const
char*s2), berfungsi menemukan bagian awal string s1 yang mengandung s2.
BAB 6
SORTING
(PENGURUTAN)
Pengertian Algrotima
Sorting adalah kumpulan langkah sistematis atau seara berurutan untuk
memperoleh hasil yang diinginkan. Salah satu ontoh dari algoritma untuk langkah
ini adalah Sorting (pengurutan). Sorting dapat didefinisikan sebagai pengurutan
sejumlah data berdasarkan nilai tertentu. Pengurutan dapat dilakukan dari nilai
terkecil ke nilai terbesar (ascending) atau sebaliknya.
Contoh fungsi untuk
memotong-motong program :
#include
<iostream>
using
namespace std;
int
N;
float
jumlah, rerata, data[100];
void
Masukkan_Data() {
cout << "Banyaknya nilai = ";
cin >> N;
for (int i=0; i<N; i++) {
cout << "Nilai ke-"
<< (i+1) << " = ";
cin >> data[i];
}
}
void
Hitung_Rerata() {
jumlah = 0;
for (int i=0; i<N; i++) {
jumlah = jumlah+data[i];
}
rerata = jumlah/N;
}
void
Tampilkan_Hasil() {
cout << "Jumlah = " <<
jumlah << endl;
cout << "Rerata = " <<
rerata << endl;
}
main()
{
Masukkan_Data();
Hitung_Rerata();
Tampilkan_Hasil();
}
Kesimpulan
1. Mengapa
perlu belajar algoritma ?
Algoritma sangat berguna dalam kehidupan
karena algoritma dapat memudahkan untuk pengambilan keputusan untuk pemecahan
masalah dengan urutan yang logis, dan juga algoritma dapat melatih logika kita
dalam menyelesaikan masalah.
2.
Yang penting untuk dipelajari
Yang paling penting untuk dipelajari dalam
Algoritma adalah urutan-urutan dalam menyelesaikan masalah dan dalam penggunaan
logika yang tepat agar pemecah masalah menjadi terurut dan terstruktur.
3.
Kesan mengambil mata kuliah algoritma
& praktikum algoritma
Kesan dalam mengambil mata kuliah
algoritma adalah sangat menyenangkan walaupun permainan logika sangat dituntut
pada mata kuliah ini. Materi yang diajarkan dikemas dalam suasana yang santai
dan serius. Karena materi yang diajarkan dapat dimengerti dengan epat,
dan saya kira teman-teman semuanya juga sependapat dengan saya.
jika ingin mengenal lebih dalam tentang universitas saya silahkan akses link berikut: umsida.ac.id, fst.umsida.ac.id
Semoga Bermanfaat,, Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar